“luka Menganga! Terasa sakit, tapi tidak ada bekas tertinggal di tubuh”

Gambar

Luka ini menganga dan terasa sakit, tapi tidak ada bekas tertinggal di tubuhku. Sesaat ketika kita merasa tersinggung atau sakit hati atas perkataan orang lain kepada kita, maka hati kita akan terasa melengos terbakar , jantung berdetak cepat dan keras. Bagaimana dengan reaksi yang di keluarkan oleh kita??? Ada yang langsung pergi tanpa kata-kata, ada yang marah dan to the point, ada juga yang diam dan menahan sakitnya, serta mungkin ada yang tersenyum dan berterima kasih.

Semua tergantung bagaimana cara kita menanggapi setiap kata, nasihat atau pendapat orang lain terhadap diri kita.

Ada yang mengatakan ini dipengaruhi oleh tipe darah masing-masing orang, Darah adalah organ tubuh manusia berbentuk cairan vital yang mengalir di seluruh bagian tubuh. Sejak 100 tahun yang lalu sejak golongan darah ditemukan dan sampai sekarang juga masih banyak orang berpikir bahwa golongan darah hanya merupakan bentuk identitas cairan darah saja. Dari 6,2 milyar penduduk dunia, golongan darah dunia terbagi menjadi empat, yaitu O sebanyak 46%, A sebanyak 40%, B sebanyak 10%, dan AB sebanyak 4% (Dermawan, 2006). Berdasarkan sudut pandang psikologis, masing-masing golongan darah mengungkapkan pula perasaan dan kepribadian manusia.

Gambaran kepribadian berdasarkan golongan darah memicu keingintahuan seorang ilmuwan Jepang bernama Furukawa Takeji pada tahun 1940-an dan Masahiko Nomi pada tahun 1950-an. Ilmuwan-ilmuwan ini terdorong untuk meneliti lebih dalam mengenai kepribadian berdasarkan golongan darah. Setelah ilmuwan Jepang bernama Masahiko Nomi meninggal karena usia tua, maka putranya yang juga seorang ilmuwan bernama Toshitaka Nomi meneruskan penelitian dalam bidang golongan darah berkaitan dengan kepribadian (Nomi, 2007). Toshitaka Nomi menyatakan bahwa golongan darah O berkarakter kuat, berjiwa pemimpin, berjiwa besar, supel, tidak mau kalah dan percaya diri, serta mempunyai sifat persaingan yang kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa individu yang bergolongan darah O memiliki potensi untuk menjadi pemimpin besar sehingga dapat dibuktikan bahwa para perdana mentri Jepang rata-rata adalah individu bergolongan darah O. Toshitaka Nomikemudian menyatakan bahwa individu bergolongan darah A adalah tipe kepribadian yang penuh dedikasi, bertanggung jawab, teliti, perfeksionis, kreatif, dan paling artistik diantara golongan darah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang bergolongan darah A sangat berpotensi untuk mengukir prestasi dalam bidang yang dikerjakan nya. Hasil penelitian ini tercermin dari para karyawan Jepang dari perusahaan kecil maupun besar, rata-rata bergolongan darah A atau O (Nomi, 2007).
Berdasarkan hasil penelitiannya, Toshitaka Nomi menyatakan bahwa golongan darah B memiliki karakter individualis, kurang suka mengikuti aturan yang berlaku, optimis, fokus, berpikiran tajam, dan mempunyai jiwa yang bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa individu bergolongan darah B berpotensi mengembangkan seluruh kemampuannya dengan optimal secara individu alistis. Hasil penelitian ini tercermin dari gambaran separuh lebih dari seluruh atlet berprestasi di bidang individu seperti renang, judo, dan gulat rata-rata bergolongan darah B. Pada golongan darah yang terakhir yaitu AB, Toshitaka Nomi menyatakan bahwa individu dengan golongan darah ini kurang dapat bertanggung jawab dan pribadi yang sangat sulit ditebak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa perusahaan di Jepang membagi karyawan -karyawannya ke dalam kelompok kerjaberdasarkan golongan darah, dan ironisnya, tidak seorang pun yang mau bekerja sama dengan kelompok golongan darah AB karena dianggap sebagai tipe darah terburuk (Dermawan, 2006).
Berdasarkan pemaparan keterangan dari Toshitaka Nomi mengenai gambaran dari golongan-golongan darah yang ada maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kaitan yang

sangat erat antara golongan darah dengan kepribadian.

Satu sisi karakter dari kecenderungan kepribadian luar dan dalam berdasarkan masing-masing golongan darah (Nomi, 2007), salah satunya kepribadian orang bergolongan darah O Yang Dalam Waktu Bersamaan Mudah Tercampur & Terbawa yaitu Mudah melupakan kalah menang dengan segera dan yang mudah terlihat yaitu Keterbukaan tanpa ada maksud lain dan taat. Individu ini pandai menutupi masalah yang dihadapi sehingga terlihat selalu riang, damai dan tidak punya masalah sama sekali. Individu bergolongan darah O adalah jenis manusia pemurah dan baik hati serta senang berbuat kebaikan. Individu ini senang untuk membagi perasaannya dengan kerabat terdekat jika menghadapi masalah yangsangat sulit untuk dipecahkan (Dermawan, 2006).
Individu bergolongan darah A sangat sabar dalam menyelesaikan setiap masalah dan
tugas yang ada. Sebelum melakukan sesuatu, mereka akan memikirkan secara matang dan menyusun rencana yang baik. Selain itu individu ini akan menyelesaikan tugas-tugasnya secara serius, konsisiten, tekun, sabar dan tenang. Individu bergolongan darah A memiliki karakter yang tegas, dapat diandalkan dan dipercaya tetapi keras kepala. Namun individu ini berusaha membuat dirinya sewajar dan seideal mungkin (Dermawan, 2006).
Individu bergolongan darah A dapat terlihat menyendiri dan jauh dari orang-
orang, namun demikian mereka mencoba menekan perasaan dan senanatiasa terlihat tegar. Individu ini juga sering merasa panik dan bimbang pada suasana yang dianggapnya tidak nyaman sehingga cenderung keras terhadap orang-orang di sekitar yang tidak sependapat dengan diri mereka. Individu ini senang berada di lingkungan orang-orang yang bertemperamen sama, memiliki sifat yang peka dan sensitif. Individu bergolongan darah A memiliki rasa tanggung jawab yang besar, maka individu ini selalu menjalankan kehidupannya secara serius, sangat hati-hati, dan penuh pertimbangan (Dermawan, 2006).
Individu bergolongan darah B cenderung selalu penasaran dan tertarik terhadap segala
hal, serta mempunyai bayak kegemaran dan hobi. Individu ini juga mampu mengerjakan
beberapa kegiatan secara serempak. Individu cepat merasa bosan terhadap hal-hal yang
dikerjakannya, namun mereka juga dikaruniai keterampilan untuk memilih prioritas hal yang penting untuk dikerjakan. Individu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam berbagai hal yang dikerjakan, sehingga terkesan memiliki semangat yang kuat, kreatif dan optimis dalam menyelesaikan masalah meskipun tindakan yang dilakukan sering mendadak dan tidak terduga (Dermawan, 2006).
Dari penampakan luar, individu bergolongan darah B terlihat ceria, bersemangat, danantusias. Namun sebetulnya hal ini sama sekali berbeda dengan yang ada dalam dirimereka. Individu bergolongan darah B mengutamakan kesendirian karena individu ini adalah pribadi yang kurang berminat dalam bersosialisasi dengan banyak orang. Pada kehidupan sehari-hari individu ini menjalani hidup dengan apa adanya, cenderung mengabaikan adat kebiasaan yang selama ini berlaku, sehingga terkesan tidak terkendali. Individu ini senang melakukan eskperimen karena kreativitas mereka yang tinggi (Dermawan, 2006)
Individu bergolongan darah AB terlihat mempunyai dua kepribadian. Pada satu sisi individu bergolongan darah AB memiliki perasaan yang sensitif dan lembut. Individu ini tidak akan bertingkah laku kasar meskipun mereka diperlakukan secara kasar. Individu ini dikenal dengan pribadi yang perhatian dan peduli terhadap perasaan orang lain, serta senang membantu orang lain tanpa pamrih saat dimintai bantuan oleh orang lain, sehingga individu ini populer dengan kebaikan hatinya. Individu ini juga dikenal sebagai pribadi yang terlalu berhati-hati dalam mengambil keputusan sehingga terkesan tidak tegas dan cenderung lambat saat memberikan reaksi dalam menghadapi suatu masalah (Dermawan, 2006). Pada sisi yang lain individu bergolongan darah AB terlihat bersikap keras dengan diri sendiri maupun dengan orang-orang sekitarnya, karena memang individu ini dikaruniai dengan keterampilan dalam pengendalian diri yang baik. Akibatnya, individu bergolongan darah AB dinilai sebagai individu yang dingin dan tidak peduli pada urusan di luar urusan dirinya sendiri jika memang tidak ada orang lain yang meminta bantuannya secara langsung. Individu ini cenderung memiliki pemikiran yang kritis, rasional, dan mendalam saat menghadapi suatu masalah. Akibat nya individu ini membutuhkan waktu untuk menyendiri dalam memikirkan masalah yang sedang dihadapi (Dermawan, 2006). Ini sumbernya dari GAMBARAN KEPRIBADIAN DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING DITINJAU BERDASARKAN GOLONGAN DARAHNYA oleh Made Yudhistira Dwipayama, M.Psi.
Penjelasannya panjang, enak baca langsung bukunya Nomi dan Dermawan.
Tapi untuk mengatasi hati yang sakit terasa ada luka yang menganga, tapi tidak ada bekas secara fisik, maka Al-Qur’an la pengobatnya, jangan biarkan jantung kita berdetak keras dan cepat bila mendengar perkataan orang lain, sedang ketika nama Allah di sebut hati kita tak bergetar dan jantung tidak berdetak cepat, kepripun iki ???
Dalam surat Al-Anfal ayat 49:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.

Yuk ….di bulan Ramadhan ini kita perbaiki hati kita, dengan membaca Al-Qur’an dan merenungi maknanya, juga melaksanakan perintah Allah yang terkandung di dalam Al-Qur’an.

BELAJAR MENAPAKI HIDUP DARI ALQUR’AN DAN SUNNAH RASULULLAH SAW

ketahuilah mengapa mukjizat para nabi yang lain canggih-canggih seperti nabi Musa as.dan Sulaiman as, tapi Rasulullah SAW tidak, karena beliau SAW meminta yang lain yaitu agar bisa memberi syafaat kepada umatnya yang bertakwa kepada Allah di yaumul akhir kelak, wallahu ‘alam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s