Berteman Dengan Imajinasi

Kalau pernah melihat Spongebob Squarepants (lupa episode yang mana), dimana ada sebuah permainan yang dilakukan antara Spongebob & Patrick dalam sebuah kardus. Namun permainan yang mereka lakukan terdengar sangat bising dan seru, yang tentunya sangat mengganggu ketenangan Squidward Tentacles. Karena suara seperti balap mobil, perang bajak laut terdengar dari dalam kardus tempat sponge dan patrick sedang bermain.

Tapi anehnya ketika Squid menghampiri mereka dan membuka penutup kardus, suara itu menghilang….bengong..ketika ditutup suara itu hadir lagi, bagaimana bisa kalian hanya duduk tapi ada suara berisik yang terdengar? tanya squid, sponge menjawabnya dengan berkata IMAJINASI. Seperti tidak percaya Squid mengulangi buka tutup…buka tutup hingga malam datang. Squid tetap tidak percaya hanya dengan IMAJINASI bisa menghasilkan banyak suara. Kemudian, ketika sponge with patrick sudah selesai bermain, Squid penasaran lalu mencoba masuk ke dalam kardus, namun tidak ada hal yang terjadi. Dan tiba-tiba terdengar suara mobil pembuang sampah datang membawa kardus untuk dibuang ke tempat pembuangan, yang tentunya disalah artikan oleh Squid yang berprasangka kalau dia berhasil juga ber-IMAJINASI (maksud asli berhasil di buang ke tempat pembuangan sampah). Malangnya Squidward……wkwkwkwkwkwk

Luar biasa sekali…hanya dengan ber-IMAJINASI bisa menghasilkan suara-suara yang fantastis.

Image

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Imajinasi adalah (1) daya pikir untuk membayangkan (dl angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dsb) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang; (2) khayalan.

Kalau kata Einstein,  Imagination is more important than knowledge (*imajinasi lebih penting daripada pengetahuan). Karena karya besar yang ia hasilkan berawal dari imajinasi, begitu juga ilmuwan yang lain. Bill Gates juga berhasil menciptakan Microsoft Windows berawal dari imajinasi. Bila membaca biografinya, Bill Gates membuka rahasia besar, sampai akhirnya dia mampu menciptakan karya luar biasa itu. Dia berkata, sebelum membuat program Microsoft Windows awalnya dirinya berimajinasi (*Berkahayal fokus) kalau disetiap rumah, kantor, komputer yang dimilikinya  menggunakan program yang ia buat. dan imajinasi kuat itu mendorong dia, untuk mewujudkannya dalam bentuk nyata. sekarang, bisa kita lihat,  hampir disetiap rumah, kantor mneggunakan Microsoft Windows menjadi pilihan no 1 di dunia. Yah …mereka semua berteman dengan IMAJINASI, sehingga mampu membuat benda-benda yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Luar biasanya daya imajinasi manusia sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Luar biasanya Allah yang menjadikan manusia mampu berimajinasi. 

Otak bagian kanan kita bebas berimajinasi karena berimajinasi adalah kemampuan dari otak kanan, sedangkan otak kiri kita membantu nya untuk menjadi sebuah kenyataan. Pandai berimajinasi saja tak cukup bila tidak ada action nya. Imajinasi dan membuat imajinasi menjadi kenyataan merupakan kerja otak yang luar biasa. Hasil dari berfikir ini tidak boleh di siakan dan hanya menjadi bayang semu yang kita idamkan saja. Banyak ayat-ayat yang memerintahkan manusia yang berakal untuk berfikir:

“Dengan (air) itu ia tumbuhkan untuk tanaman-tanaman, dan pohon zaitun, dan pohon kurma, dan anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah pertanda bagi yang berfikir (QS. An-Nahl (16):11).” 

“Dan ia membuat malam dan siang, dan matahari dan bulan supaya melayani kamu dan binatang-binatang dibuat untuk melayani dengan perintahnya.Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah pertanda bagi kamu yang berakal (QS. An-Nahl(16):12). 

kedua ayat ini menunjukkan kenyataan empiris yang tidak bisa dipungkiri lagi kebenarannya, dimana kenyataan inilah yang seharusnya kita gunakan untuk berfikir dan berakal, sehingga melatih daya fikir kita yang berujung pada pengembangan teori dalam ilmu pengetahuan dan penciptaan benda-benda yang dapat mendukung pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti yang telah ada sekarang; teleskop, telepon, satelit dan banyak lagi yang lainnya. Semua ini terjadi berawal dari melihat sebuah realita yang ada, meng-imajinasikan solusi tepat, membuat imajinasi itu jadi nyata untuk mempermudah segala sesuatunya.

Dan tentunya………………Semua ini berpusat pada satu sumber Ilmu yang tiada tara dari Allah SWT. 

Subhanallah…keren 

 

Advertisements

3 thoughts on “Berteman Dengan Imajinasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s