Namanya Miana (Coleus hybridus/Coleus Amboinicus) /Painted Nettle

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Penasaran banget, jika hanya bisa memfoto tanaman tapi tidak tahu namanya. Tapi alhamdulillah aku tahu juga, namanya Miana.

Miana merupakan tumbuhan terna (tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu (Wikipedia)), termasuk suku labiate (tumbuhan yang tergolong terna bukan berkayu). tanaman ini adalah tanaman pagar, biasa di tanam di pekarangan rumah dan umumnya tumbuh pada ketinggian 1.300 km di atas permukaan laut, dan foto miana yang saya post kemarin ada di pekarangan rumah bulek ku, dan juga salah satu jenis dari banyaknya miana.

Miana memiliki daun tunggal. Selain itu ternyata sama dengan tanaman lain yang memiliki nama berbeda tergantung daerah tumbuhnya, seperti daun Iler (Coleus Scutellarioides (L) Benth), Jawer kotok (Coleus Scutellaroides), Kentangan, Si gesing, Saru-Saru atu Majana. Miana ini jenisnya banyak looo,,,ada 250 jenis (Tabloid Nova Online).

Awalnya…warna miana hanya hijau, merah dan pink dengan bentuk daun oval, namun karena zaman yang makin canggih…banyak penyilangan yang telah di lakukan yang menghasilkan banyak warna dan bentuk daun yang beragam. Tanaman ini berasal dari daratan Afrika yang beriklim tropis dan negara-negara Asia. 

Miana mengandung minyak Atsiri yang bisa memberikan bau yang sedap. dan khusus Miana yang daunnya merah kehitaman bisa berkhasiat untuk obat, terutama yang di gunakan adalah batang, akar dan daun. Miana ini bisa mengobati penyakit wasir, luka/lecet, sakit kepala, sinusitis, obat mata (tetes mata), kalau di India di gunakan untuk mengobati gigitan kalajengking, dan batuk serta TBC.

Terima Ibu Seno…sudah memberi tahu nama tanaman ini

Image

Semoga Bermanfaat

 

 

5 thoughts on “Namanya Miana (Coleus hybridus/Coleus Amboinicus) /Painted Nettle

Leave a comment